TUJUAN

Tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Adanya pendidikan akan timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotivasi diri untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk lebih memajukan Indonsia, maka diusahakan pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai pendidikan tinggi .

Pada intinya pendidikan itu bertujuan untuk membentuk karakter seseorang yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Pendidikan bukan hanya menekankan pada intelektual saja tetapi harus memperhatikan proses pembentukan karakter dan budi pekerti anak.

Tujuan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah NU Raudlatul Muallimin adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan penyusunan kurikulum yang sesuai dan relevan dengan panduan BSNP serta mampu memenuhi kebutuhan pengembangan peserta didik dalam menghadapi persaingan global, namun, senantiasa dalam bingkai dan wadah Ahlussunah Wal Jamaah.
  2. Meningkatkan penyusunan silabus dan RPP yang standar serta tersedianya sumber belajar yang dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
  3. Meningkatkan ketercapaian target akademik yang diharapkan serta berkembangnya potensi peserta didik agar tumbuh sebagai anggota masyarakat yang bermanfaat, sehingga menjadi madrasah unggulan.
  4. Meningkatkan jumlah dan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang memadai dan berstandar Nasional.
  5. Meningkatkan ketersediaan sarana prasarana yang memadai serta terpeliharanya sarana prasarana dengan baik
  6. Meningkatkan pengelolaan seluruh komponen berdasarkan manajemen berbasis madrasah (MBM)
  7. Meningkatkan perencanaan pembiayaan, dukungan pembiayaan, dan kesetaraan akses yang transpran dan akuntabel sebagai jati diri Madrasah yang berintegritas.
  8. Meningkatkan sistem penilaian yang berdampak pada proses pembelajaran serta pelaporan kepada pemangku kepentingan