Pendidikan berbasis keunggulan adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi, ekologi dan lain-lain, yang bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik agar mampu bersaing di tingkat lokal, nasional dan internasional.

Pendidikan berbasis keunggulan dapat merupakan bagian dari semua mata pelajaran dan juga dapat menjadi mata pelajaran muatan lokal.

Tahfidzul Qur’an yang merupakan prioritas yang akan, diberdayakan secara maksimal dalam rangka mencetak generasi yang Qur’ani serta sholeh dan sholehah.

MTs NU Raudlatul Muallimin juga mengembangkan kearifan lokal dengan peserta didik dalam hal menguasai dasar keterampian menjahit yang merupakan salah satu ciri khas Kecamatan Wedung Kabupaten Demak.

Pendidikan di MTs NU Raudlatul Muallimin juga memanfaatkan internet sebagai sumber belajar untuk semua mata pelajaran, penggunaan Bahasa Inggris  sebagai bahasa internasional dan bahasa global dalam kehidupan sehari-hari, serta Bahasa Arab sebagai bahasa dalam memahami ilmu ilmu agama Islam dan percakapan sehari-hari.

Dalam upaya mengoptimalkan program priorita di MTs NU Raudlatul Muallimin secara intensif menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait.